3 Menu Sarapan untuk Penderita Diabetes

img

 

Menu Makan Sehat– Makanan sangat penting untuk mengontrol diabetes, termasuk makan pagi. Sarapan yang sehat dapat menjaga gula darah Anda tetap dalam keadaan baik. Apa saja?

Untuk menjaga kadar gula darah, pasien diabetes harus konsisten menjaga waktu dan porsi makan. Sarapan pada waktu yang sama setiap hari dengan jumlah makanan yang konsisten, terutama karbohidrat, dapat membantu penderita diabetes mengatur gula darah lebih baik.

Karbohidrat meliputi pati, buah, susu atau yoghurt. Dokter atau ahli gizi biasanya menentukan berapa banyak yang pasien butuhkan untuk sarapan. Tapi menurut American Diabetic Association, pasien diabetes bisa sarapan sebanyak 45 sampai 60 gram. Seperti yang dikutip dari detikhealth, berikut beberapa makanan sehat yang baik untuk pasien diabetes.

1. Sereal
Sereal adalah sarapan yang sehat untuk pasien diabetes. Carilah sereal tawar dengan lebih dari 2,5 gram serat per porsi. Gunakan susu skim atau susu dengan 1 persen lemak untuk membatasi asupan kalori dan lemak jenuh. Orang dengan diabetes memiliki tingkat lebih tinggi menderita penyakit jantung sehingga harus membatasi asupan lemak jenuh. Sarapan 45 sampai 60 g karbohidrat bisa berupa tiga perempat cangkir sereal gandum utuh segar, 1 cangkir susu skim dan 1 buah apel.

2. Roti gandum
Produk roti seperti roti gandum, muffin dan bagel juga dapat menjadi menu sarapan untuk pasien diabetes. Pilihlah roti dengan bahan yang utuh, sehingga mengandung lebih banyak serat, vitamin dan mineral. Mengonsumsi makanan tinggi serat dapat membantu mengontrol diabetes. Contoh sarapan 45 sampai 60 g karbohidrat adalah sepotong roti gandum bakar dengan 1 sendok makan selai kacang.

3. Telur
Telur memberikan protein, vitamin A dan vitamin D. Putih telur merupakan makanan yang rendah kalori dan rendah lemak, yang dapat membantu meningkatkan energi dan membakar lemak. Telur rebus adalah jenis sumber protein yang akan membuat perut kenyang untuk waktu yang lama. Jika Anda mempunyai kolesterol tinggi, Anda harus membatasi asupan kuning telur hingga dua minggu.

Sumber: wolipop.detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s