Aneka Tips Mengolah Makanan

jagung Aneka Tips Mengolah Makanan

Aneka Tips Mengolah Makanan

Buah Kelewat Matang 
Jangan buru-buru dibuang. Sulaplah menjadi jus, selai, atau gunakan sebagai topping es krim, panekuk, serta wafel.

Ukuran Madu & Sirup 
Jika di resep kue disebutkan diperlukan sekian Cc sirup atau madu, gunakan gelas ukuran minyak atau sendok untuk menakar agar ukurannya tepat.

Sayur Segar 
Sayuran akan tetap hijau, segar, dan renyah jika dicuci bersih dengan air dingin kemudian keringkan dengan lap bersih yang kering. Simpan di lemari pendingin di dalam tempat atau kantong yang besar. Ingat, jangan memasukkan sayuran terlalu banyak sehingga kantung padat.

Memoles Mentega Di Jagung
Agar jagung terasa lebih lezat, oleskan sebungkus kecil mentega yang biasa dipakai untuk memoles roti pada permukaan jagung.

Memotong Mozzarella 
Anda mempunyai masalah memotong keju yang bertekstur lembut seperti mozzarella? Simpan terlebih dahulu keju yang lembut tadi di freezer selama beberapa menit. Keluarkan saat akan memotongnya.

Nasi Wangi 
Saat menanak nasi jangan lupa tambahkan 5 cm kayu manis. Masukkan kayu manis saat mengaron nasi atau dalam beras yang sudah diberi air jika memakai rice cooker. Aroma nasi akan lebih harum dan legit.

Serba-Serbi Talenan 
1. Gunakanlah selalu talenan yang terbuat dari kayu sehingga tidak menjadikan pisau tumpul.
2. Sedapat mungkin hindari talenan plastik. Gesekan/irisan pisau dapat membuat lapisan plastik terkelupas dan serpihannya terbawa dalam sayuran/daging.
3. Sebaiknya miliki dua talenan. Satu untuk sayur-mayur/bumbu dapur, lainnya untuk daging. Masalahnya, daging yang kurang segar banyak mengandung bakteri.

Merawat Oven 
1. Untuk menghemat listrik atau energi dan agar hasil panggangan maksimal, jangan bolak-balik membuka-tutup pintu oven. Cukup longok dari jendela oven. Asal tahu saja, setiap kali membuka pintu oven, temperatur akan turun sebesar 25 derajat C.
2. Untuk membersihkan oven, gunakan sodium bikarbonat yang telah dicampur air. Gosokkan pada dinding serta dasar oven lalu nyalakan oven tersebut dengan panas rendah selama 30 menit. Sisa-sisa makanan yang menempel menjadi kering dan lebih mudah dibersihkan.

Adonan Tak Menempel 
Jika Anda membuat adonan kue dan lengket di tongkat mixer yang melingkar, simpan selama beberapa menit di lemari es. Adonan pun tak akan menempel lagi.

Sumber: resepmasakanindonesia.info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s