Makanan dapat yang Mencerdaskan Otak Anak

 

anak

 

Ada banyak pilihan jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh anak kita, namun tidak semuanya mempengaruhi perkembangan otak anak hingga potensi kecerdasannya meningkat. asupan makanan yang diberikan kepada anak perlu memenuhi standar-standar tertentu. Makanan yang memiliki faktor terhadap pencerdasan otak anak harus diperhatikan baik-baik agar tidak asal memberi makan kepada anak.

Salah satu faktornya adalah asupan makanan bagi si anak terutama asupan zat gizi bagi pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Pada umur 0 sampai dengan 5 tahun otak anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang optimal atau biasa disebut dengan masa keemasan (golden age), sehingga di masa-masa itu asupan zat gizi khususnya bagi otak sangat penting untuk diperhatikan sehingga nantinya si anak memiliki kemampuan otak yang baik.

Otak merupakan salah satu organ yang “lapar” atau membutuhkan banyak asupan zat gizi oleh karena itu apabila kita menginginkan anak kita cerdas dan pandai, kita sebagai orang tua harus memperhatikan asupan makanan bagi si kecil terutama pada masa golden age.

Bahan makanan yang merupakan asupan yang berkualitas bagi otak si anak antara lain:

Ikan, baik ikan laut (khususnya ikan salmon) maupun ikan air tawar merupakan bahan makanan yang baik bagi pertumbuhan otak karena mengandung omega-3, asam lemak DHA dan EPA.
Telur, merupakan sumber protein yang bagus, selain itu kuning telur mengandung kolin yang sangat bermanfaatkan untuk meningkatkan memampuan daya ingat otak.

Kacang-kacangan, merupakan sumber vitamin E, antioksidan, tiamin yang berguna meningkatkan kemampuan otak.

Gandum atau nasi, otak membutuhkan glukosa yang konstan yang bisa dipenuhi oleh gandum atau nasi, selain itu gandum atau nasi mengandung serta serta vitamin B.

Buah-buahan, khususnya strawberi, blueberrie atau buah-buahan yang berwarna, dimana buah-buahan tersebut mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan mengandung vitamin C.
Kacang Kedelai, yang terkandung dalam tahu dan tempe mengandung banyak protein, karbohidrat kompleks, serat, serta vitamin dan mineral.

susu
Sayur-sayuran, wortel, tomat, bayam dan sayuran yang berwarna banyak mengandung antioksidan yang menguatkan dan menyehatkan sel otak.

Susu, banyak mengandung protein dan vitamin B yang berguna bagi perkembangan otak si anak
Daging, mengandung protein, zat besi dan mineral yang berguna untuk meningkatkan daya ingat otak.

Hal lain diluar faktor makanan yang mencerdaskan anak, tentu orang tua perlu menyadari faktor psikologis dan non teknis lainnya. potensi otak yang cerdas tidak akan maksimal jika orang tua tidak memberikan pendidikan yang baik.

sumber : makanansehat.web.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s