Makanan Sehat di Musim Hujan

 

 
makanan saat hujanMenu Makan Sehat- Di musim penghujan, udara yang dingin akhir-akhir ini sungguh memberi masalah tersendiri bagi masyarakat. Tak jarang udara dingin disertai hujan dan angin kencang membuat orang lebih mudah jatuh sakit. Penyakit flu, mulai dari batuk pilek, masuk angin hingga perut kembung, jadi langganan mereka yang punya banyak aktivitas di luar rumah. Tak jarang  di saat musim penghujan ini, kekebalan tubuh justru mengalami penurunan. Ini artinya tubuh Anda memerlukan makanan super untuk menjaga imunitas.
Beberapa jenis makanan yang kaya protein, biji-bijian, dan makanan rendah lemak dibutuhkan. Termasuk juga, istirahat yang cukup, serta berolahraga secara teratur dapat mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Anda pun perlu tahu, beberapa makanan yang bisa menunjang kekebalan tubuh seperti dikutip Times of India:

Wortel

Sayuran berwarna oranye ini memiliki kandungan betakaroten yang baik untuk tubuh. Vitamin A yang terkandung dalam wortel juga membantu melawan hawa dingin serta mampu menangkal virus penyebab flu.

Variasi Teh

Seperti diungkap dalam Times of India, kandungan antioksidan pada teh hijau dan teh chamomile memang mampu melawan radikal bebas. Akan tetapi variasi teh ini juga memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang kuat, sehingga membantu melawan serangan flu. Untuk menguatkan kekebalan tubuh Anda, konsumsi teh, dua hingga lima kali dalam sehari.

Jamur

Jamur dipercaya dapat memberikan kekuatan pada kekebalan tubuh. Tak hanya itu, jamur juda melindungi sistem tubuh dari virus dan serangan penyakit selama musim penghujan. Oleh karena itu, konsumsi jamur putih untuk meningkatkan produksi sel pembunuh virus.

Bawang Putih

Bumbu masak ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh.  Selain berguna untuk menyuburkan rambut, bawang putih juga mampu mengatasi berbagai macam penyakit, seperti demam. Pengobatan dengan bawang putih dipercaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar enzim yang membantu detoksifikasi hati, serta memberikan kekebalan.

Madu

Senyawa dalam madu dikenal menjadi bahan sederhana dan paling aman untuk mengatasi penyakit flu dan demam selama musim hujan. Sifat antibakteri tentunya melawan bakteri dan virus. Untuk itu, sebaiknya setiap malam sebelum tidur konsumsilah madu. Misal, dengan cara mencampur secangkir susu hangat dengan madu. (viv)

 Sumber: www.kendarinews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s