Efek Konsumsi Makanan Pedas Terhadap Kesehatan

Makanan Pedas
Sambal selalu menggoda selera, tapi jangan lupa perhatikan kondisi kesehatan anda. Hehehe

Menu Makan SehatMakanan pedas sangat populer untuk lidah orang Indonesia. Berbagai resep menu makanan Nusantara tidak lepas dari sajian makanan pedas, bahkan beberapa daerah dikenal dengan ciri khas makanannya yang wahhhhh, siap-siap membuat bibir anda memble. Hehehehe

Makanan pedas ibarat mata uang dengan dua sisi, yaitu mengandung manfaat yang positif dan efek negatif terhadap kesehatan tubuh kita. Itulah makanan kenapa makanan pedas tidak dihindari kendati banyak orang yang kadang harus menderita gangguan pencernaan akibat makanan pedas, padahal dia tahu bahwa kondisi kesehatan/tidak mendukungnya untuk bebas mengkonsumsi berbagai jenis makanan, terutama yang pedas.

Beberapa orang lainnya seperti telah kebal terhadap efek makanan pedas, biasanya mereka telah terbiasa dengan makanan tersebut sejak kecil, sehingga nyaris tidak ada gangguan kesehatan yang dialami, walaupun tidak dipungkiri bahwa kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas sejak kecil bukanlah jaminan.

Nah, berikut ini beberapa efek atau bahaya mengkonsumsi makanan pedas terhadap kesehatan tubuh. Mari disimak;

Beberapa Efek Makanan Pedas Terhadap Kesehatan

  1. Makanan pedas mengakibatkan kerusakan dinding lambung. Ini dikarenakan, jenis makanan yang pedas merupakan kombinasi asam dan terlalu banyak asam masuk keperut, maka menyebabkan kerusakan dinding lambung anda.
  2. Makanan pedas mengakibatkan penyakit Gastritis atau maag akut. Gejala gastritis yaitu seperti muntah, mual-mual, diare. Dampak penyakit gastritis mengakibatkan anda terkena serangan sakit kepala.
  3. Makanan pedas mengakibatkan penyakit Ulkus Gaster atau tukak lambung. Gejala yang Nampak, ketika anda terkena penyakit ini yaitu perut serasa terbakar, gejala mual-mual, muntah-muntah.
  4. Makanan pedas mengakibatkan anda terkena insomnia atau susah tidur pada malam hari. Sehingga sebaiknya anda tidak memakan makanan pedas di saat malam hari. Karena istrihat anda tidak akan nyaman.
  5. Makanan pedas mengakibatkan anda akan kehilangan nafsu makan. Jadi usahakan untuk mengurangi makanan yang berasa pedas untuk kesehatan tubuh anda.
  6. Makanan pedas mengakibatkan berat badan anda semakin menurun. Jadi kurangi atau hilangkan dari kebiasan memakan makanan yang pedas jika anda ingin agak gemuk atau anda yang tergolong kurus.
Makanan Pedas
Sambal jadi satu ciri resep khas makanan Nusantara

Seperti disebutkan tadi, bahwa makanan pedas tidak saja memiliki efek buruk, melainkan memberikan manfaat untuk kesehatan seperti; Rasa pedas pada makanan ternyata memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan sendi dan kerusakan tulang, sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit peradangan sendi.

Selain itu, rasa pedas dalam makanan juga bisa mengurangi resiko terserang kanker, karena pada rasa pedas itu bisa membunuh sel kanker dengan cara menyerang mitokondria tanpa merusak sel-sel yang sehat, dan dapat meringankan rasa sakit di mulut bagi penderita kanker.

Sumber: makanansehat.web.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s