5 Makanan Sehat yang Mengandung Serat Tinggi

Menu Makan Sehat- Biji-bijian merupakan sumber rendah lemak, kaya serat dan zat besi, serta vitamin B seperti tiamin, riboflavin, niasin dan asam folat, serta mineral seperti magnesium, selenium dan potasium. Biji-bijian yang dimaksud disini seringkali adalah biji-bijian utuh yang endospermnya (kulit arinya) masih melekat.

Kacang-kacangan 

Selain sebagai tambahan pada sajian masakan besar anda, kacang-kacangan dapat dijadikan camilan sehat anda. Kacang-kacangan seperti walnut, almond, pistachio adalah kacang-kacangan yang mengandung serat tinggi.

Makanan sehat berserat tinggi
Gandum

Gandum 

Produk gandum dapat memenuhi kebutuhan serat sehari-hari. Produk gandum seperti oat, brown rice, tepung gandum, dan roti gandum mengandung serat yang tinggi. Sereal gandum juga sangat baik untuk sarapan. Karena sarapan gandum bisa menurunkan tingkat kortisol, hormon stres yang terkait dengan berat badan dan kecenderungan untuk menumpuk lemak perut. Jika Gandum tersedia di rumah anda, manfaatkanlah menjadi salah satu menu makanan sehat alternatif anda, tentu saja sangat cocok untuk menu sarapan pagi.

Buah-buahan 

Buah-buahan terkenal dengan kekayaan manfaatnya bagi tubuh kita. Salah satu manfaat yang jellas didapat bagi kesehatan adalah tingginya serat yang dikandung berbagai jenis buah-buahan demi menjaga kesehatan sistem pencernaan kita. Keluarga buah berry adalah jenis yang memiliki serat paling tinggi diantara jenis buah lainnya. Selain itu, ada juga pisang, jeruk, pir, apel untuk memenuhi kebutuhan serat harian anda.

Makanan sehat berserat tinggi
Sayuran merupakan salah satu jenis makanan sehat

Sayuran 

Sayuran adalah bagian penting demi memenuhi kebutuhan vitamin dan serat dalam menu harian anda. Jenis sayuran seperti bayam, lobak, bunga kol, kentang, kubis ungu dan labu adalah contoh sayuran yang memiliki serat tinggi. Mengkonsumsi sayuran kaya serat jelas semakin menyehatkan usus anda dan menghindari anda dari kesulian buang air besar dan komplikasi yang menyusulnya.

Mari mulai pola hidup sehat anda dengan mengkonsumsi makanan sehat yang berserat tinggi demi usus yang laebih sehat.

Sumber: makanansehat.web.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s