Makanan Sehat Dan Lezat Untuk Balita

Menu Makan Sehat– Banyak makanan yang diproduksi oleh pabrik-pabrik makanan. Mulai dari makanan untuk bayi hingga manula. Terlebih lagi untuk anak-anak, para produsen makanan berlomba untuk menjaring konsumen dengan produk yang lezat, disukai anak-anak dan balita, tetapi… tidak ada yang bisa memastikan apakah makanan-makanan tersebut memiliki dampak pada kesehatan.Balita dan anak-anak cenderung menyukai makanan yang manis dan gurih, sehingga mereka akan langsung memilih pizza, donat atau snack kaya karbohidrat dan kaya perasa buatan ketimbang seporsi sayur buatan Anda. Padahal Anda tahu mana yang lebih sehat. Jangan menyalahkan mereka, karena yang harus Anda ubah adalah menu makanan mereka. Buatlah menu yang cocok dengan lidah dan selera mereka.

Menjaga balita dari kelebihan gula, garam dan kalori sudah menjadi tugas Anda. Agar kandungan nutrisi yang dibutuhkan balita Anda tidak hilang, ada baiknya jika Anda mengolah sendiri makanan sehat ini. Tidak sulit membuatnya, Anda pasti bisa menyajikan menu-menu lezat ini. Bersih, lezat, sehat dan kaya serat.

1. Potongan blueberry dan yogurt

Balita tidak akan menolak makanan yang lezat dan lembut ini. Buah blueberry segar kaya akan vitamin C dan antioksidan. Yogurt kaya protein dan mineral. Keduanya bisa membuat daya tahan tubuh balita Anda terjaga.

2. Potongan apel segar yang dioles ke selai kacang

Ini adalah menu yang lezat. Apel yang ‘kres’ dicampur dengan gurih selai kacang. Apel kaya vitamin C dan vitamin A. Selai kacang kaya dengan protein dan lemak baik. Lebih baik lagi jika Anda membuat sendiri selai kacang ini agar tidak banyak mengandung gula.

3. Omelet telur

Balita Anda tentu suka dengan menu sederhana ini. Telur kaya dengan protein yang baik untuk masa pertumbuhan balita Anda. Omelet ini juga membantu si balita kenyang lebih lama. Pilih telur ayam kampung untuk menu omelet ini.

4. Sereal dari gandum dan susu

Menu ini adalah kesukaan anak-anak dan kaya serat. Campur sereal, susu dan beri potongan kecil buah segar seperti strawberry atau apel. Pastikan Anda memilih sereal yang tidak memakai banyak gula dan pemanis buatan. Jika si kecil merasa sereal ini kurang manis, beri sedikit madu.

5. Lumatan pisang dan alpukat

Perpaduan manis pisang dan gurih alpukat akan membuat balita Anda suka. Dengan kandungan serat yang tinggi, kandungan kalium pada pisang baik untuk menjaga kesehatan buah hati Anda. Jangan takut dengan lemak nabati pada alpukat, ini baik untuk menjaga kesehatan jantung si kecil.

6. Bubur sayur

Sulit membujuk balita makan sayur? Buatkan bubur sayur yang rendah lemak dan bebas perasa buatan. Campur sayur seperti wortel, brokoli, kembang kol dengan plain yogurth, bawang putih, perasan lemon, sedikit garam, merica dan madu. Sehat dan alami bukan?

7. Smoothies

Minuman lembut ini tidak akan ditolak oleh balita Anda. Blender buah kesukaannya dengan plain yogurt, tambahkan sedikit gula. Ini jauh lebih sehat daripada jus yang dijual dalam kemasan.

8. Roti tawar gandum dan selai keju

Daripada memilih roti tawar warna putih, pilih roti tawar yang terbuat dari gandum utuh. Jenis ini lebih kaya serat dan lebih sedikit kalori dibanding dengan roti tawar putih. Selai keju kaya akan protein, pilih yang rendah garam. Bisa juga Anda oles dengan selai strawberry atau selai kacang buatan sendiri.

Dengan banyaknya menu, nutrisi yang sehat untuk balita Anda dapat terjaga. Anda juga bisa menjadikan menu di atas sebagai menu yang sehat untuk Anda dan seluruh keluarga.(vem/wsw)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s