Makanan Bayi Yang Seimbang Untuk Umur 1 tahun Keatas

0

Image

Makanan bayi seimbang pada usia diatas 1 tahun,makanan bayi harus memiliki kebutuhan gizi dan nutrisi yang lebih lengkap lagi. Untuk itu diperlukan menu makanan bayi seimbang dalam penyajian makanannya. Variasi menu makanan bayi menjadi penting karena ini akan berpengaruh pada penerimaan bayi pada jenis-jenis makanan baru yang mengandung nutrisi tinggi. Bayi diatas 1 tahun sudah mulai banyak aktifitas. Ini membutuhkan Makanan bayi yang kaya energi. Selain dari aktifitas yang bertambah, bayi sudah mulai menajamkan gerak motorik kasar dan motorik halus yang sangat didukung oleh pertumbuhan dan perkembangan otak.

Menu makanan bayi yang seimbang memiliki ciri sebagai berikut:
• Menghasilkan cukup energi
• Kebutuhan protein dapat terpenuhi untuk sumber pertumbuhan, mekanisme imunitas tubuh, memperbaiki jaringan yang rusak dan memelihara jaringan tersebut.
• Lemak yang mengandung lemak esensial yang berguna untuk melarutkan vitamin , mineral dan jumlah adekuat
• Mudah didapat dan terjangkau secara ekonomis
Menu makanan bayi yang seimbang untuk bayi diatas 1 tahun mempunyai syarat-syarat sebagai berikut:
• Kandungan air dan serat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita
• Gampang dicerna
• Memberikan rasa kenyang

Pemberian pola makanan bayi gizi seimbang dapat mengambil referensi piramida makanan. Piramida makanan bayi ini mengakomodir beberapa prinsip; umur, aktifitas, jenis kelamin, variatif, dan azas cukup.

Piramida makanan bayi tediri dari 4 susun. Dasar Piramida adalah jenis karbohidrat yang adalah sumber energi buat si kecil. Karbohidrat mengambiil porsi sampai 70%. Susunan kedua Makanan bayi adalah sayuran dan buah-buahan segar sebagai sumber vitamin dan mineral. Sebaiknya sayuran mengambil porsi sedikit lebih banyak dari buah-buah segar. Susunan ketiga makanan bayi adalah sumber protein dan mineral. Di sisi ini dapat ditemukan berbagai makanan sumber protein: daging sapi, unggas, ikan laut, kacang kedelai, tahu dan tempe serta susu dan produk dengan bahan susu lainnya. Karena susunan ini lebih tinggi dan semakin mengerucut, jumlah yang diberikanpun tidak sebanyak sayuran dan buah-buahan segar. Puncak piramida adalah bahan makanan bayi yang banyak menghasilkan kalor namun sedikit nilai gizinya. Disini terdapat gula, garam, minyak, dan lemak. Jenis ini adalah bahan makanan yang sedikit dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut adalah contoh menu sehat untuk makanan bayi/anak diatas 1 tahun:
• Nasi Tim
• Kentang rebus
• Sayur bening
• Tempe
• Buah-buahan segar
• Susu

Dengan bertambahnya umur, dapat pula diberikan makanan bayi berikut ini:
• Ikan Laut
• Daging sapi
• Daging ayam
Sumber : http://bit.ly/XGpX4q

Menu Sehat Ibu Hamil

0

Image

Cermati makanan yang Anda konsumsi agar tetap fit dan janin tumbuh sehat. Ibu hamil butuh makan sehat untuk diri dan bayinya. Jangan takut gemuk, karena kalau tidak mendapat penambahan berat badan yang sesuai selama kehamilan akan bersisiko pada bayi, yakni lahir premature atau berat badan lahir rendah (BBLR).
Makanan yang dikonsumsi selama kehamilan sebaiknya mengandung:
Protein: konsumsi 2-3 porsi setiap hari.
Sumber: daging tanpa lemak, ayam bagian dada, ikan, telur, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.
Kalsium: minum 2 gelas/hari.
Sumber: keju, ikan teri, dan sayuran hijau.
Folat: kebutuhannya 400 mikrogram/hari.
Sumber: buah, sayuran hijau segar, kacang-kacangan, hati, dan ayam.
Zat besi: kebutuhannya 30-60 mg/hari
Sumber: daging merah, sayuran berdaun hijau, dan buah kering
•  Vitamin C: dengan 70-80 mg/hari akan membantu penyerapan zat besi dari tumbuhan.
Sumber: jambu biji, stroberi, jeruk, anggur, tomat, apel, dan sayuran.
•  Serat: konsumsi 1/3 porsi makan
Sumber: sayuran dan kacang-kacangan.
•  Cairan: minum paling sedikit 2 liter sehari untuk membantu pencernaan makanan dan produksi darah.
Sumber : http://bit.ly/L5xiFG
 

Menu Makanan Sehat Ibu Menyusui

0

Image

Menu makanan sehat ibu menyusui tentu sedikit berbeda dari apa yang disajikan untuk anggota keluarga lainnya, khususnya di hari Lebaran. Terlebih ibu menyusui membutuhkan asupan makanan bergizi karena menjadi sumber makanan utama bagi sang bayi. Jika Anda mengonsumsi makanan yang baik bagi tubuh, maka akan memiliki lebih banyak energi serta merasa lebih baik.

Pertama, ibu menyusui harus terpenuhi gizinya oleh beberapa kelompok makanan, yaitu; kelompok nasi, serelia, roti gandum, atau pasta,kelompok sayuran, kelompok buah-buahan,kelompok ikan, unggas, daging, kacang-kacangan,telurm dan kelompok susu, yoghurt, serta keju. Selain memenuhi makanan-makanan dari kelompok tersebut, pastikan agar Anda mendapatkan asupan ketiga kelompok dasar kalori berikut ini:

  • Karbohidrat. Bisa dalam bentuk gula sehat, terutama biji-bijian, nasi, pasta dan buah. Asupan karbohidrat harus mencapai 50-55 persen dari total kalori harian.

  • Lemak sehat. Asupannya mencapai 30 persen dari total kalori harian.

  • Protein. Asupannya harus mencapai 15-20 persen dari total kalori harian.

Tambahkan juga beberapa kategori makanan berikut ini dalam menu sehat Anda:

  • Zat besi. Beberapa makanan mengandung zat besi adalah unggas, ikan, dan jus buah prune.

  • Kalsium. Di masa kehamilan dan menyusui Anda akan membutuhkan banyak kalsium. Anda bisa mendapatkan kalsium dari susu, ikan sarden, kacang kedelai, brokoli, ikan salom, brokoli, dedaunan hijau, tahu, manisan anggur, jus wortel, keju, ataupun yoghurt.

  • Air putih, membantu menjaga tubuh kekurangan cairan.

  • Suplemen bila dibutuhkan.

   Bijak dalam memilih asupan makanan pada masa kehamilan, menyusui, maupun dalam keseharian. Jagalah kesehatan diri Anda sert keluarga dengan selalu memilih menu makanan sehat setiap harinya.
Sumber : http://bit.ly/YPhknk

VARIASI MENU MAKANAN SEHAT UNTUK SI KECIL USIA 1 TAHUN KE ATAS

0

Image

Beberapa variasi menu yang diformulasikan khusus untuk Anak berusia 1 tahun ke atas.

  • Ganti sumber karbohidrat dengan berbagai pilihan, misalnya beras, beras merah, ubi, kentang, havermut, roti.
  • Jangan memberinya bayam dan wortel saja. Perkenalkan dengan berbagai sayuran, misalnya jagung, brokoli, bit, bayam merah.
  • Bila si kecil tidak suka makanan baru yang Anda perkenalkan, cobalah beberapa kali. Jika ia tetap menolaknya, tak perlu memaksanya agar tidak menimbulkan trauma terhadap makanan itu.
  • Karena makanan si kecil tak boleh diberi bumbu yang menyengat, berikan selembar daun salam dalam buburnya agar lebih gurih.

Hati-hati!
Beberapa makanan di bawah ini bisa menimbulkan alergi pada sebagian bayi di bawah usia satu tahun:
telur, tomat, ikan jenis tertentu (tongkol, salmon), kacang (termasuk selai mentega kacang), bumbu-bumbu yang menyengat (lada, kunyit, jahe, dan sebagainya), strawberry, coklat dan kerang.

Sampai usia satu tahun, sebaiknya hindari memberi bayi Anda:
Telur setengah matang, bawang merah, ketimun dan kol (karena sulit dicerna), garam berlebihan, gula berlebihan, lobak dan kangkung (membuat bayi sering bersendawa), dan makanan mengandung pengawet.

Untuk Diperhatikan:

  • Jika di keluarga ada riwayat alergi, ekstra hati-hati dalam memberi jenis makanan tersebut.
  • Jika kulit anak menunjukkan reaksi alergi, misalnya gatal atau kemerahan setelah makan sesuatu, cobalah lagi beberapa kali di hari lain. Jika gejala alergi hilang, Anda bisa meneruskannya. Tetapi jika alergi tetap terjadi, berarti Anda harus menghindarinya.
  • Untuk mengetahui dengan pasti reaksi alergi pada bayi Anda, jangan mencampur buah atau makanan yang dikhawatirkan menimbulkan alergi. Segera catat jika penyebab alergi sudah diketahui dengan pasti.
  • Makanan yang mengandung gluten dapat menimbulkan gangguan saluran pencernaan pada sebagian bayi, seperti produk biji-bijian, misalnya, makanan mengandung gandum/oats.

Jika si kecil telah berusia 1 tahun, sebaiknya pemasukan garam dan gula seminim mungkin, bahkan lebih baik sebaiknya ditunda sampai mereka berusia 2 tahun.

Saat anak berusia 1 tahun ke atas, sudah diperbolehkan mengkonsumsi makanan laut seperti; udang, kerang, cumi2, dll. Tetapi perlu diingat, apabila ada sejarah dalam keluarga kita alergi seafood, sebaiknya pemberian makanan seafood ke si kecil ditunda dulu.
Sumber : http://bit.ly/qCNSkY

Makanan Sehat Untuk Asam Urat

0

Image
Makanan untuk asam urat
– Asam urat atau gout merupakan salah satu penyakit yang banyak di derita, penyakit yang menyerang persendian dan terasa sangat menyakitkan bila sudah kambuh ini di sebabkan oleh penumpukan kristal (asam urat) pada persendian. Untuk mencegah atau mengatasinya, orang yang rentan terhadap kondisi ini harus tahu bagaimana cara menurunkan kadar asam urat mereka. Mengkonsumsi obat asam urat tidak menjamin Akan menghilangkan asam urat bila tidak diikuti pola hidup dan menu makan yang sehat untuk menjaga kadar asam urat. Pemilihan jenis makanan berperan sangat penting untuk mengontrol penyakit ini. Bagi anda yang mengalami gejala seperti kesemutan dan linu, nyeri terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur dan sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi, ada baiknya anda mulai memperhatikan menu makan anda, dan beriku tips makanan sehat untuk asam urat.

Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari penderita asam urat :

  • Makanan laut seperti kepiting, udang, remis, tiram, cumi-cumi dan lainnya.
  • Minuman yang mengandung alkohol seperti bir, tuak, tape dan lainnya.
  • Makanan kaleng seperti sarden, kornet sapi dan lainnya,
  • Jeroan seperti usus, hati limpa, paru, otak, jantung dan ginjal dan lainnya.

Beberapa jenis buah-buahan yang tidak disarankan dikomsumsi penderita asam urat antara lain :

  • Durian
  • Alpukat
  • Air kelapa muda
  • Emping melinjo dan
  • Juga kaldu ayam.
Sedang sejumlah makanan yang aman untuk penderita asam urat dan bisa dikomsumsi oleh penderita asam urat. Antara lain :
  • Keju
  • Susu
  • Telur
  • Makanan sumber karbohidrat seperi beras, kentang, sigkong, mie, bihun, roti dan biskuit. Namun kabohidrat sederhana golongan fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirup sebaiknya dihindari karena meningkatkan kadar asam urat. Buah-buahan yang aman dikomsumsi seperti semangka, melon, nanas, belimbing, jambu air.
Saran bagi penderita asam urat, dianjurkan banyak minum, minimal 2 liter atau 10 gelas sehari, bertujuan membantu pengeluaran asam urat lewat air seni dan mencegah penumpukan asam urat di ginjal atau kandung kemih. Air minum ini bisa berupa air putih masak, teh, atau kopi. Kedua, kontrol makanan yang dikomsumsi dan melakukan pengobatan hingga kadar asam urat kembali normal. (vivanews)
Itulah beberapa tips makanan sehat untuk asam urat, semoga bermanfaat ….
sumber : http://bit.ly/11noSRG

 

Menu Makanan Sehat Penderita Diabetes Melitus

0
Image
Apakah Anda tahu alasan kenapa ada banyak orang yang tertarik untuk mengetahui daftar makanan sehat  penderita diabetes?

Diabetes mellitus adalah penyakit kronis, dan mempengaruhi perubahan populasi yang sangat besar setiap tahun. Hal ini memang mengejutkan karena mengetahui bahwa lebih dari 54 juta orang Amerika menderita tahap awal dari penyakit kronis ini atau yang lebih sering disebut dengan “pra-diabetes”. Publikasi dari statistik ini memotivasi lebih banyak orang dan menarik minat mereka untuk mengetahui daftar makanan sehat. Dalam masyarakat yang serba cepat saat ini, sangat penting untuk memantau hidup serta kebiasaan makan. Penting bagi semua orang yang sedang beresiko menderita diabetes dan prediabetics untuk merancang rencana makan yang memiliki potensi untuk menurunkan tingkat gula darah. Ini adalah satu-satunya hal yang bisa mencegah terjadinya komplikasi diabetes.

Ide dasar yang bekerja di balik klasifikasi makanan yang baik dan buruk adalah nutrisi dari makanan tertentu. Mereka yang berada pada peningkatan resiko mengidap penyakit ini harus lebih berhubungan pada makanan yang sehat secara keseluruhan. Ide yang bekerja di belakang adalah makan makanan yang ditanam di tanah atau merumput di tanah. Lebih baik untuk menghindari makanan yang disiapkan di laboratorium oleh orang yang memakai jas putih.

Hal ini sangatlah penting, untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Makanan ini umumnya mengandung banyak serat. Diet tersebut membantu menunda timbulnya diabetes serta komplikasinya.

Berikut ini kami berikan review singkat dari daftar menu makanan sehat penderita diabetes untuk bisa dimakan. Ini adalah daftar sehat yang membantu anda dalam menjaga tingkat gula darah dalam kisaran yang dibutuhkan.

 

RAGAM Menu Makanan Sehat Penderita Diabetes Melitus

Daging tanpa lemak: Daging tanpa lemak berisi kandungan protein yang berasal dari potongan daging yang ramping. Contoh-contoh utama dari jenis makanan tersebut adalah dada ayam, kalkun dan ikan. Beberapa jenis daging itu adalah pilihan yang sangat baik karena mengandung jumlah lemak yang sedikit diantara daging hewan lainnya. Malahan, berpegang pada metode memasak yang sehat juga sama pentingnya
Sayuran: Sayuran yang sehat jika dimakan tanpa banyak dibumbui dengan gula. Lebih baik jika memberikan cuka, bumbu dan bawang putih.

Buah: Buah dengan indeks glikemik yang lebih rendah dan lebih sehat bagi penderita diabetes. Contoh utama dari buah-buahan seperti jeruk adalah berry dan apel. Lebih baik menghindari makanan atau minuman kalengan, namun kalau ada minuman kaleng yang dibuat atau dijus dengan cara alami bisa saja dikonsumsi.

Grains Whole: Lebih baik untuk memasukkan gandum utuh dalam rencana makanan sehat penderita diabetes. Terutama mencakup roti gandum utuh, pasta, dan beras merah.

Lemak Sehat: Sangatlah baik untuk menggunakan lemak sehat seperti minyak zaitun dan minyak bunga matahari. Dan akan lebih baik untuk menjauh dari lemak yang tidak sehat.

Produk susu: Susu tersebut harus disertakan juga karena kandungan lemaknya yang rendah . Contoh-contoh dari susu yang baik adalah susu skim dan yogurt rendah lemak.

Jika Anda ingin memiliki dan membuat menu makanan sehat penderita diabetes yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Daftar makanan sehat diatas akan membantu untuk merancang sebuah rencana makan yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan Tanda Dari Diabetes dan mengatur kadar gula darah anda.
sumber : http://bit.ly/161Ipd2

Menu agar jantung sehat

0

Image

Pada umumnya manusia lahir dengan jantung yang normal. Hanya sebagian kecil yang memiliki jantung abnormal. Kebiasaan berolah raga secara rutin sejak kecil membuat jantung menjadi lebih sehat karena memiliki otot-otot jantung yang lebih kuat. Sehingga sekali memompa akan mengalirkan darah lebih banyak di banding yang kurang berlatih(berolahraga).

Selain faktor otot jantung yang kuat karena olahraga maka sejumlah mineral adalah vital bagi jantung. Kalium(potassium), kalisum(calsium), zinc, copper, chromium, magnesium, manganese, selenium, vanadium dan vitamin A. Idealnya mineral ini pada kondisi tidak kekurangan tapi juga tidak berlebih.

Untuk menjaga agar fungsi jantung tetap sehat maka kita juga harus memperhatikan soal makanan. Inilah beberapa tips yang menyangkut menu makanan untuk menjaga agar jantung tetap sehat.

1. Sebagai alternatif minyak kelapa adalah minyak jagung, minyak biji matahari, minyak kacang, minyak biji kapas.

2. Hindari lemak hewan, seperti lemak sapi, kambing, sbg nya.

3. Batasi makanan sumber kolesterol, yakni dengan membatasi  makan daging hingga tiga sampai 4 kali dalam seminggu, dan tiap hari tak lebih dari 100 gr.

4. Batasi makan kuning telur empat sampai lima butir seminggu.

5. Hindari makan jeroan seeprti otak, hati,usus,ginjal dan babat.

6. Hindari kue-kue yang dibuat dari susu, kuning telur, dan mentega.

7. Makan lebih banyak ikan dan ayam sebagai pengganti daging.

8. Makan banyak sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat.

9.Cara pengolahan makanan yang baik untuk penderita jantung adalah, di kukus (pepes dan tim), di panggang asal jangan terlalu gosong, di bakar, di tumis dan di rebus.
sumber : http://bit.ly/Y4xDTM